Kamis, 07 Agustus 2014

PERGI

1)         Kita pernah bercengkrama di rindang cemara
Atau kenikmatan asap cerutu di sore luput kondensasi

Bahagia kita sampai di sungai jernih rimbaya
Atau menanam benih pohon keasyikan bersama

Saling mengingatkan dalam sedih susah
Atau lelap tenda harunya malam kita jaga

Selalu kita menuju tempat terdamai
Atau kerikil tajam bersama kita singkirkan

2)         Beberapa bulan penuh berlalu;
Nikmat asap cerutu terbang keawan candu;

Benih pohon mengering layu;
Tanpa segar, asyiknya panas;

Tenda merah tak haru fibernya patah;
Kerikil tajam menghalangi langkah.

            Kita kini berpencar, magnet persaudaraan karam
Kesamudera dalam atau tak kita sadari jejak langkah ini

3)         Ku jajaki bulan-bulan tanpa cahaya
Engkaupun tak seperti dulu sejak teater

            Kini aku pergi, tak lagi kembali
Pada sajak kelabu, ku gores luka salam pada mu

            Aku hanya pergi tanpa permisi
Tengoklah bulan di gulung awan mendung

            Ia pun tak lagi menjadi saksi untuk kita
Seakan peka sinarnya pernah membayang panggung mu

4)         Sekarang sisa melambung bertebaran
Meliuk ukiran mural di tembok runtuh

            Aku melangkah jatuh dari hingar bingar mimpi
Seperti cemara yang tumbang ke jurang

            Pelataran air memang masih bening tapi kering
Sehingga ikan-ikan murung kecewa teringat

            Aku dan kau di tinggal cita lara
Tersengguk gagap tak seperti dulu

5)         Tak kau ingatkan aku kini, sepi ku ya
Maafkanlah, yang bukan menulis egaliter ini

            Kita tak bisa saling berdamai
(lagi)

            Pada peron terakhir, aku melangkah pergi
Semakin jauh dari hingar bingar mimpi terdahulu

            Saat pagi titik embun mengobati
Hati yang akan ku dapati pasti

6)         Jangan ingatkan kejadian kita dahulu
Atau perjanjian kita yang lama

            Siapa saja di antara kita boleh bersedih namun,
jangan sesali dewi malam yang di temui raja siang

            Aku pergi tak mungkin kembali
Tak ada acara perpisahan

            Aku hanya!
Meninggalkan jejak yang dalam

Rantauprapat, 07 Ags 2014